img

Samboja - Pada tanggal 21 – 22 November 2019, SMA Negeri 1 Samboja disupervisi dan didampingi Tim dari direktorat Pendidikan SMA Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Dra. Arbayah Kumalawati dan I Wayan Sumertha, M.Pd., terkait program SMA Zonasi tahun 2019. Kegiatan hari pertama, tepatnya hari Kamis 21 November 2019 Tim melakukan observasi kegiatan pembelajaran di kelas dengan perwakilan dari IPA mata pelajaran Biologi dengan guru Lilik Lutianah, S.Pd. sedangkan perwakilah dari IPS mapel Ekonomi dengan guru Yani Wijayanti, S.Pd. setelah itu, kegiatan wawancara dengan responden yang terdiri dari kepala sekolah, ketua penanggungjawab program (H. Burhanuddin, S.Pd., M.M.), Bendahara (Dani Istiharto, S.Pd., M.Si.), 6 orang guru mapel diantaranya Rizky Akhfina Husda, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia), Suci Febriandani, S.Pd. (Guru Matematika) Abdul Mukit, S.Pd. (Guru Fisika), Manisem, S.Pd (guru Kimia), Setiawati, S.Pd (guru Ekonomi), Siswanto, S.Si. (Guru Geografi). Pada hari kedua, Jum'at tanggal 22 November 2019, Dra. Arbayah Kumalawati memaparkan hasil supervisi dan pendampingan program SMA Zonasi Tahun 2019 di SMA Negeri 1 Samboja sedangkan Bapak I Wayan Sumertha, M.Pd. memberikan pengayaan materi terkait pengembangan pembelajaran dan penilaian HOTS.

Secara umum kegiatan supervisi dan pendampingan SMA Zonasi bertujuan:

  • melihat realisasi pelaksanaan program SMA Zonasi tahun 2019 di 650 SMA.
  • memastikan implementasi kurikulum 2013 sebagai tolok ukur untuk melihat ketercapaian dan keterlaksanaan program pembinan yang telah dilaksanakan oleh direktorat PSMA.

Adapun tujuan khususnya, adalah:

  • memperoleh data atau informasi tentang realisasi pelaksanaan program SMA Zonasi tahun 2019 di SMA Negeri 1 Samboja yang mengacu pada RAB dan action plan yang sudah disepakati.
  • memperoleh data atau informasi tentang penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Samboja dan lima sekolah imbas (SMA Negeri 2 Samboja, SMA Al-Hayat, SMA Harapan, SMA Islam Sanipah dan SMA Islam Ulumuddin) sehingga dapat memetakan komponen pendukung dan hambatan/kendala yang terjadi di sekolah dalam mengimplementasi kurikulum 2013
  • memperoleh informasi tentang komponen pendukung dan hambatan/kendala yang terjadi di SMA Negeri 1 Samboja dalam melaksanakan program SMA Zonasi.
  • merumuskan rencana tindak lanjut dari hasil supervisi dan pendampingan program SMA Zonasi Tahun 2019 untuk penyusunan langkah-langkah pembinaan selanjutnya.
logo

SMA Negeri 1 Samboja
Jl. Gunung Pasir RT. 5, Kampung Lama, Samboja Kuala, Kec. Semboja
Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75276

Statistik Pengunjung

Copyright © 2020 SMA Negeri 1 Samboja - All Rights Reserved.